Syarat dan Cara Pembuatan BPHTB

Syarat dan Cara Pembuatan BPHTB

Rumahminimalis36.orgPengertian BPHTB adalah Bea Perolehan Hak atas Tanah dan atau Bangunan yang harus dibayarkan kepada pemerintah jika seseorang membuat bangunan atau ingin mendirikan tempat tinggal. Cara pembuatan BPHTB sendiri ada berbagai macam, salah satunya adalah dengan menghitung terlebih dahulu biaya yang harus kita bayarkan, cara menghitngnya sendiir adalah:

5 % * (NJOP – NPOTKP) NJOP atau nilai jual objek pajak adalah nilai dari tanah/bangunan yang terkena pajak. NPOTKP adalah nilai perolehan objek pajak tidak kena pajak dimana besarannya berdasarkan peraturan masing-masing daerah.

Lalu siapa saja yang harus mengurus BPHTB? semua masyarakat baik yang ingin membangun gedung, rumah mewah atau rumah minimalis sederhana wajib hukumnya untuk membuat Bea Perolehan Hak atas Tanah dan atau Bangunan.

Syarat dan Cara Pembuatan BPHTB

Contoh kasus BPHTB, Mr X membeli tanah dan rumah di jakarta dengan luas tanah 200 meter, luas bangunan 200 meter dan harga tanah 1 juta rupiah.

Total bangunan : 1juta * 100 m2 : 100juta | Total tanah : 1juta* 200 m2 : 200juta

NPOTKP Jakarta Rp. 60.000.000

Total : 5 % * (300juta – 60juta) : 12juta (angka yang harus dibayar MR X adalah RP 12 juta)

Lalu untuk apa sih kita harus mengurus BPHTB? surat BPHTB diperlukan apabila anda ingin merubah sertifikat tanah yang dibeli dari orang lain dengan nama anda sendiri. Cara paling mudah untuk mengurus dokumen BPHTB adalah dengan menggunakan jasa notaris, tentu saja biaya notaris yang dikeluarkan berbeda di setiap daerah dan tergantung pada tingkat popularitas notaris yang anda gunakan untuk membantu kepengurusan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan atau Bangunan.

Kata Kunci Terkait:

###############,cara membuat BPH TB,syarat membuat bphtb
Syarat dan Cara Pembuatan BPHTB | fery irawan | 4.5